Blogger Jateng

3 Alasan Mengapa Sebagai Muslim Harus Belajar Bahasa Arab

Ilustrasi: Pixabay
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah dan sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah. Bahasa Arab merupakan rumpun bahasa semit yang berkembang di kawasan Timur Tengah. Bahasa ini termasuk bahasa yang paling tua yang tercatat dalam sejarah. 


Baca juga :

Selain itu, bahasa Arab merupakan bahasa peribadatan ummat Islam di seluruh dunia. Namun dewasa ini, mempelajari bahasa Arab di anggap sesuatu yang kuno dan kurang bergengsi jika dibandingkan dengan bahasa asing yang lain seperti bahasa Inggris, Jerman, Jepang dan Korea. Kita lebih bangga saat bisa berbahasa Inggris, padahal jika kita mempelajari sejarah, bahasa Arab juga merupakan bahasa Internasional. Hal ini tidak terlepas dari ekspansi ummat Islam ke Andalusia pada pertengahan abad ke 8 Masehi atau sekarang yang kita kenal sebagai Spanyol. Menurut buku Arabic in World Languages yang dipublikasikan The King Abdul Aziz Center tercatat jumlah kosakata pinjaman Arab dalam bahasa Spanyol mendekati 1500 lema. Namun, ada pula yang memprediksi jauh lebih besar hingga angka 3000-4000 lema.


Lebih jauh dari itu, kita sebagai muslim yang minimal dalam 5 kali sehari semalam menggunakan bahasa Arab dalam ibadah kepada Allah. Berikut ini adalah keutamaan-keutaman bahasa Arab.

1. Bahasa Arab merupakan Bahasa Al-Qur'an

Bahasa Arab merupakan bahasa yang dipilih oleh Allah Shubhanahu wa Ta'ala sebagai bahasa Al-Qur'an. Sebagaimana firmanNya dalam surat Yusuf ayat ke 2, yaitu:

اِنَّاۤ اَنْزَلْنٰهُ قُرْءٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ


"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur'an berbahasa Arab, agar kamu mengerti".



Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim (4/365) ketika menjelaskan ayat di atas, 



”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab).

2. Belajar Bahasa Arab Menambah Iman

Mempelajari bahasa Arab secara tidak langsung menambah keimanan karena kita akan lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Selain itu dengan mempelajari bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam serta kitab-kitab referensi lain yang berbahasa Arab tentunya.

3. Bahasa Arab Merupakan Bahasa yang Kaya dan Unik

Menurut Ahmad Muhlis dalam beritajatim.com menjelaskan bahwa keunikan dan kekuatan bahasa Arab lainnya juga terlihat jelas dari kekayaan fonetik dari beberapa huruf yang sama, keistimewaan ini hanya di miliki Bahasa Arab, dan tidak dimiliki bahasa lain di dunia. Kekayaan kosakata dan sinonim dalam bahasa Arab, juga menjadi pembeda dengan bahasa lain di dunia.


“Misalnya kita akan mendapati minimal 21 sinonim untuk cahaya, 52 kata sinonim untuk kegelapan, 9 sinonim untuk matahari, 50 sinonim untuk awan, 64 sinonim untuk hujan, 170 sinonim untuk air, 100 sinonim untuk jenggot, dan ribuan bahkan jutaan sinonim kata lainnya,” ungkap dosen bahasa Arab IAIN Madura.

Demikianlah artikel mengenai 3 Alasan Mengapa Sebagai Muslim Harus Belajar Bahasa Arab, semoga yang sederhana ini bisa bermanfaat.

Baca juga:
Pengertian, Pembagian dan Macam-Macam Alat Thaharah dalam Islam

Posting Komentar untuk "3 Alasan Mengapa Sebagai Muslim Harus Belajar Bahasa Arab"